Sunday, February 6, 2011

JANGAN MALU, KAWAN!


Sengaja aku nulis seperti ini, ini didasarkan oleh beberapa keluhan, saran ataupun kritik yang saya terima melalui ponsel saya, atau email saya. Banyak teman SMA saya, saya panggil kawan aja, mereka semua curhat ke saya, aku ringkas aja ya.

Aku malu, fian kalau aku ke SMA, aku dilemma, bagaimana kalau ditanya guru, atau anak anak yang lain, sekarang sibuk apa? Kuliah tidak, kerja juga tidak.

Mendengar curhatan tersebut, sontak aku bergidik, aku langsung ngomong aja, gag usah malu kawan. Kenapa aku ngomong seperti itu. Bagi saya, kalian semua, semua kawan kawan ku di SMA, kalian gag usah malu, gag usah dilema. Bagi saya, kalian lulus dari SMA itu aja sudah kebahagiaan dan kehebatan luar biasa. Coba kalian runut, ada jutaan sel sperma dan satu sel telur, dan sel sperma yang akan membuat kalian saat ini yang berhasil memasuki sel telur, bayangkan jika bukan sperma yang akan jadi kalian, mungkin kalian gag bakal ngerasakan nikmatnya dunia ini, kalian telah menyingkirkan jutaan orang lagi kawan, kalian sudah hebat.

Runut lagi, saat kalian masuk TK, SD. Berapa banyak orang atau anak anak lain yang gag bisa sekolah TK, SD (maklum TK sekarang mahal) kalian sudah bisa sekolah TK dan SD. Runut lagi saat SMP, mungkin kalian menyingkirkan ratusan teman kalian lain untuk bisa masuk SMP Negeri, dan kalian bisa. Bayangkan banyak teman teman kalian yang gag bisa masuk SMP atau sekolah. Dan kalian bisa. Runut lagi saat kita masuk di SMA kebanggan kita, adan 8000 teman teman yang ingin masuk SMA kita, dan ‘Cuma’ 200 yang diterima, dan kita salah satunya, itu artinya, kita sudah hebat kita bisa menyingkirkan ratusan bahkan ribuan saingan, yang mungkin membuat mereka sakit hati. Yang terpenting, kita bisa lulus SMA, tepat waktu 3 TAHUN. Bayangkan ada 10.000 siswa SMA di Jawa Timur yang tidak bisa lulus UNAS, dan kita bisa lulus unas, dengan hasil memuaskan, ingat kita peraih nilai rata – rata unas tertinggi se Jawa Timur. Kita sudah hebat, kawan jangan malu.

Untuk kondisi sekarang, kawan juga tidak usah kecewa. Saya pikir kawan sekarang yang lagi ‘dilema’ tidak kuliah atau kerja. Kalian belum beruntung saja kawan, saya pikir teman teman yang lain yang sekarang kuliah mereka ‘Cuma’ beruntung saja, dan mungkin yang belum kuliah, kalian masih belum beruntung. Dan keberuntungan itu hanya bisa diberikan oleh Allah SWT, sang pencipta langit dan bumi. Hanya kuasanya. Kita hanya berdoa dan selalu mengangungkannya agar keberuntungan selalu menggapai kita.

Untuk kawan juga, janganlah terus berputus asa, jangan pernah lelah bermimpi, masih ingat cerita lascar pelangi, tidak ada yang bisa merubah nasib mereka, mereka punya mimpi dan mereka selalu melakukan perubahan yang lebih baik untuk merebut mimpi itu. Saya juga pernah mendapat cerita dari seorang Bambang Pamungkas, striker TIMNAS Indonesia, quotation favoritnya, saya masih ingat. ‘Jangan Lelah Untuk Bermimpi, teruslah bermimpi’ dulu seorang BP, tidak pernah membayangkan menjadi pemain TIMNAS Indonesia yang hebat, dia Cuma bermimpi saja, punya mimpi ingin menjadi seperti seorang Kurniawan Dwi Julianto, yang saat itu menjadi pencetak gol terbanyak untuk Indonesia, kalau tidak salah 33 gol, BP punya mimpi itu, dan sekarang mimpi itu terwujud, BP menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola Indonesia, melebihi idolanya Kurniawan Dwi Julianto.

Mungkin teman juga pernah ingat seorang Barack Obama, dia dulu juga bermimpi saja untuk jadi presiden AS. Bayangkan AS yang dianggap Negara paling demokratis di dunia, baru ada presiden Kulit Hitam pertama di presiden yang ke 44. Obama dulu juga bermimpi dan mimpi itu jadi kenyataan. Dia bermimpi dan melakukan perubahan yang baik untuk mimpi itu disetiap langkahnya.

Saya masih ingat tentang quotation favorit saya yang saya ambil dari materi saat saya OSPEK dulu.

“Pemimpin itu orang yang punya banyak mimpi atau pemimpi, dia punya banyak mimpi dan bisa mengeksekusi seluruh mimpinya menjadi kenyataan, oleh karena itu diakhir kata Pemimpi ada tambahan huruf n, menjadi PEMIMPIN.”

Jadi kawan semua, tidak usah malu untuk kondisi sekarang, kalau hari ini gagal, masih ada hari esok, kalau hari esok gagal, masih ada lusa, kalau lusa gagal, masih ada minggu depan, masih ada bulan depan, tahun depan. Dan lakukan suatu perubahan, perubahan yang lebih baik. Kawan kalian tidak bisa berdiam diri kan?. Jangan malu kawan! Bangkit! Dan lakukan perubahan! Rebut mimpi kalian kawan, dan mimpi kita semua!

Selesai.

No comments:

Post a Comment